topbella

Senin, 04 April 2011

Fenomena Kehamilan :)

Setelah mengamati film pregnant yang baru saya tonton, maka saya dapat menarik kesimpulan bahwa kehamilan merupakan suatu tahapan yang menjadi proses yang begitu penting dalam tahap awal munculnya kehidupan seorang manusia.Subhanallah....
Pada awal kehamilan, seorang wanita hamil biasanya mengalami pembengkakan payudara dan mual, terkadang disertai dengan muntah. Pembengkakan payudara terjadi akibat bertambahnya kadar hormon wanita (terutama estrogen) dan progesteron. Mual dan muntah terjadi akibat estrogen dan HCG. Kedua hormon ini membantu memelihara kehamilan. Pada awal kehamilan, banyak wanita yang merasa sangat lelah dan beberapa wanita mengalami perut kembung.
Secara umum, usia kehamilan dihitung dalam minggu, dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir. Ovulasi biasanya terjadi 2 minggu sesudah menstruasi dan pembuahan biasanya terjadi segera setelah ovulasi, karena itu secraa kasar usia embrio adalah 2 minggu lebih muda daripada jumlah minggu yang secara tradisional dipakai untuk menyatakan usia kehamilan (jadi, seorang wanita yang hamil 4 minggu sedang mengandung embrio yang berumur 2 minggu). Kehamilan berlangsung rata-rata selama 266 hari (38 minggu) dari masa pembuahan atau 280 hati (40 minggu) dari hari pertama mentruasi.
Proses kehamilan itu sendiri diawali oleh proses pembuahan dimana satu sel telur hanya dapat dibuahi oleh satu sel sperma saja. Kemudian sel telur yang telah dibuahi akan mengalami serangkaian pembelahan dan tumbuh menjadi embrio. Perkembangan embrio pada umumnya dapat kita kenali untuk pertama kalinya saat mencapai tahap blastosis (sekitar 10 hari setelah pembuahan). Kemudian mulai terjadi proses pembentukan organ otak dan medulla spinalis (tulang belakang), sedangkan organ lain, seperti  jantung dan pembuluh darah mulai dibentuk pada hari ke 16-17. Jantung mulai memompa cairan melalui pembuluh darah pada hari ke-20 dan hari berikutnya muncul sel darah merah yang pertama. Selanjutnya, pembuluh darah darah terus berkembang diseluruh embrio dan plasenta.
Pada awalnya, perkembangan embrio terjadi dibawah lapisan rahim pada salah satu sisi rongga rahim, tetapi pada minggu ke 12, janin (istilah yang digunakan setelah usia kehamilan mencapai 8 minggu) telah mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga lapisan pada sisi kedua rahim bertemu (karena janin telah memenuhi seluruh rahim).
Organ – organ terbentuk sempurna pada usia kehamilan 12 minggu (10 minggu setelah pembuahan), kecuali otak dan medulla spinalis yang terus mengalami pematangan selama kehamilan. Kelainan pembentukan organ paling banyak terjadi pada trisemester pertama (12 minggu pertama kehamilan), yang merupakan masa-masa permbentukan organ dimana embrio sangat rentan terhadap efek obat-obatan atau virus. Oleh sebab itu seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak merokok, karena dapat mengganggu peredaran darah ibu dan janin. Oleh sebab itu, dalam proses kehamilan sebaiknya setiap wanita hamil secara rutin mesti memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan. Seperti cek amniosintesis, CVS (Chorionic villus sampling) dan tes urin untuk memantau kondisi janin yang dikandung berada dalam keadaan sehat.
Nah, bagi semua calon ibu... mari kita jaga kesehatan badan dari sekarang....^_^

Semangatlah wahai calon awwalun madrasah mujahid/mujahiddah dunia... : )

0 komentar:

Poskan Komentar

Syukron atas kunjungannyaa...^_^

Foto Saya
Afrili Suyari
I'm not the first, but the best... InsyaAllah :)
Lihat profil lengkapku
 
R "Story"© Designed by: Compartidisimo